Google+ Followers

Senin, 17 Oktober 2016

gyeran Ppang (#Korean Egg Bread)

Bismillah,

Alhamdulillah disempatkan kembali menulis, Pagi ditemani cekat cekut gigi karena makan dendeng balado di undangan yang bikin kapok,  masih bisa di alihkan sakitnya dengan menulis, kali ini yang akan dibahas adalah Jajanan pinggir jalan korea selain yg sdh banyak dikenal dan masuk ke Indonesia adalah Tteopoki,  manju,  odeng (fish cake). Yang akan saya buat dan bagikan resepnya versi djowoklaten ya, kenapa karena tidak sesuai bentuk aslinya,  cetakan oval yang besar yang mereka gunakan tdk saya miliki, tapi tekad utk mencoba tetap harus dilakukan,  kali ini pakai cetakan muffin mini,  otomatis telur ayam utuh yg biasa dibuat utk olahan ini, terpaksa saya ganti dengan telur puyuh,  pas dan sesuai dengan cetakan muffin mini. Gyeran sendiri artinya telur dan Ppang artinya Roti,  menggunakan cetakan yg muat utk 1 telur ayam utuh menjadikan Roti ini padat gizi,  dimakan satu aja cukup mengenyangkan.
Wisata kali ini ke Korea benar-benar Menikmati Sajian kulinernya,  mencicipi,  mengingat,  dan jika ada waktu mencoba membuat sendiri sesuai ingatan rasa.
Yuk kita sekarang coba buat Roti telur korea ala djowoklaten



Aha, hasil dari jajan saat ke Korea dengan kakak,  lihat Roti ini jadi Jajanan di Myeongdong kalau sore.
Kali ini membuat sendiri di rumah versi mini dan tentunya Rasa djowoklaten

Gyeran Ppang
(#Korean Egg Bread)
By djowoklaten

1 cup tepung protein tinggi
1/4 cup castor sugar
1/4 sdt garam
1butir telur ayam
1/4 sdt baking soda
1/2 sdt BPDA
2 sdm mentega cairkan
Secukupnya susu cair plain

Isian
15 butir telur puyuh
Topping
Parmesan
Rumput laut dan wijen

Cara membuatnya

Aduk Merata bahan roti, tambahkan susu cair sedikit demi sedikit,  aduk dgn whisk jika sdh merata adonan tidak terlalu kental dan seperti adonan utk pancake tingkat cairnya,  hentikan penambahan susu cair.
Olesi loyang muffin dgn mentega, tipis saja,  Isi 1/4 bagian adonan roti,  masukkan telur puyuh utuh #tanpa kulit ya. Lalu atasnya tutup dgn adonan roti,  hingga 3/4 penuh loyang,  taburi parmesan cheese serta campuran wijen dan nori,  panggang selama 15-25' sesuai ukuran loyang yg digunakan pakai api atas dan bawah dgn suhu  180'C
Angkat dan siap disajikan.

Posting Komentar