Google+ Followers

Rabu, 04 Mei 2016

YAKITORI

Bismillaah,

Di indonesia tentu saja kita mengenal sate, sate berbahan daging ayam, kambing,sapi, dan juga ikan. Di Jawa saja beragam bumbu utk sate yg menjadikan sate itu memiliki kekhasannya mulai dari sate Madura,  sate Ponorogo dan sate manis khas jawa tengah dengan aroma ketumbar serta jinten yang sangat dominan,  pagi ini saya ingin berbagi olahan sate dari negeri lain yaitu Jepang,  sate ayam jepang atau dikenal dengan nama Yakitori ini berbumbu sangat simple bisa memakai soy sauce atau Soyu dan bumbu garam saja,  sate dibuat dari seluruh bagian ayam, mulai daging,  jeroan, dan juga kulitnya,  jadi rasa Yakitori ini berbeda sesuai bumbu dan bagian yg kita kehendaki. Biasanya Yakitori disajikan dengan bubuk cabai khas jepang,  tapi saya pakai saus tomat dan saus sambel saja yg ada di rumah di gunakan.
Merujuk dari beragam info yang di dapat Yakitori ini dulunya adalah makanan bagi rakyat kebanyakan, awal masa diperbolehkannya kembali memakan daging ayam di jepang,  harga ayam yg cukup mahal, membuat kalangan bawah membeli bagian ayam yg tidak di manfaatkan restauran besar,  kemudian ditusuk dan dibakar, dijajakan di pinggir jalan,  tapi kini banyak di temukan loh sajian Yakitori ini di restaurant yg bahkan khusus menjualnya Yakitori dan sake.
Bahan dominan yg di pakai di masakan jepang yg perlu kita wasapadai kehalalannya adalah Soyu,  mirin, yg beralkohol,  jadi jika kita membuat di rumah lebih terjaga dari bahan yang mengandung khamr ini.


Yakitori 
By djowoklaten 

250 garam fillet dada ayam 
1 batang daun bawang 
Saus tomat 
Saus sambal 

Bumbu perendam dan olesan 
Bawang putih dan jahe haluskan,  lalu campur dengan ayam, kaldu bubuk ayam serta Soyu dan corn syrup. 
Perbandingan sesuai selera,  suka yg asin gurih lebih banyak Soyu,  jika manis lebih banyak corn syrup ya.
Marinade selama Min 30 menit.
Lalu tusuk dengan diselingi potongan daun bawang. 


Bakar dengan Bara lebih enak tapi pakai teplonpun oke saja.
Sesekali olesi dengan Soyu dan setelah matang oles tipis dengan Mentega. 
Sajian dengan nasi hangat. 

Menikmati sajian Yakitori paling enak saat hujan turun,  dengan segelas wedang jahe lebih enak lagi. 

Posting Komentar