Google+ Followers

Senin, 09 November 2015

Pesmol Ikan Nila (#Acar kuning)

Bismillaah,

Pagi ini rasanya sungguh lega, suka cita mendampingi Khalisa selama ini berlatih Drumband mencapai akhir di lomba kemarin yaitu menjadi Juara ke-3 di Ajang LOMBA GPJB XIV Nov 2015 di Cibubur.
Ini adalah Ajang lomba tingkat nasional memperebutkan Piala bergilir dari Presiden,  grup Drumband Gema Swara albesd yg masih baru dengan pengalaman lomba yang minim yaitu baru satu kali berbanding dan menang di Ajang lomba Piala Gubernur di Bandung,  kini berjuang selama 3 bulan berlatih utk bersaing di tingkat Nasional,  dengan para peserta yang baik dari pengalaman serta fisik yang jauh diatas anak2 Albesd, sungguh nikmat Alloh SWT yg harus kita syukuri.
Hanya Bangga yang bisa aku ucapkan betapa lelah raga dan jawa mereka terhapus dengan kemenangan ini,  tapi kemenangan ini menjadi penyemangat baru bagi anak Gema Swara Albesd utk tetap giat dan sabar mengikuti latihan dan tetap disiplin mengikuti aturan dan anjuran para pelatih,  banyak sekali yang bisa kita ambil Pelajaran dari kegiatan DRUMBAND ini,  kegiatan yang melatih olah rasa di musik, dgn beragam gerakan yang harus diselaraskan serta kompak.
Ini mengingatkan aku dengan kegiatan masak memasak di djowoklaten,  memasak juga sebuah seni olah pikiran yang dituangkan dalam Kreasi masakan,  terlebih jika dipadukan dengan kegiatan foto dan styling makanan,  sungguh sebuah kegiatan yg penuh dengan keteraturan yang melibatkan rasa didalamnya,  untuk semua kegiatan positive ini aku hadirkan sajian yang penuh unsur rasa didalamnya
Olahan Ikan Goreng yang dipadukan dengan bumbu ini rasanya sungguh segar dan nikmat sekali dinikmati pagi ini sebagai perwujudan syukur atas anugrah dan nikmat dari Alloh SWT yg berlimpah.
Yuk kita lihat bagaimana djowoklaten mengolah Pesmol dengan ornamen Acar kuningnya, yg sdh di coba dari Dapur rumah Evi Khalisa.


Pesmol Ikan Nila 
By djowoklaten 

3 ekor ikan Nila 
1 buah Timun 
1/2 buah wortel 
1 batang daun bawang 
10 buah cabai rawit merah 
1 buah cabai merah besar 
1/2 buah tomat 
Daun salam 
Daun jeruk 
Serai 
Garam 
Gula pasir 
Lada 
2 sdt apel cinegar 
Bumbu yang dihaluskan 
8 siung bawang merah 
5 siung bawang putih 
3 butir kemiri 
5 ruas jari kunyit 
3 ruas jari jahe 

Caranya 
Bersihkan ikan lalu lumuri air lemon atau jeruk nipis,  garam,  kaldu bubuk sejumput. 
Diamkan 15 menit, kemudian goreng dengan api besar dan minyak panas. 
Sampai matang. 
Sisihkan 
Uleg atau giling halus bumbu. 
Sebagian bumbu lainnya dipotong-potong 
Sisihkan 

Panaskan 2 sdm minyak goreng lalu tumis bumbu halus sampai wangi,  masukkan salam, daun jeruk,  dan serai,  tambahkan air,  setelah mendidih,  tambahkan garam, gula, dan lada,  serta air cuka apel,  koreksi rasa. 
Masukkan ikan masak sampai air agak menyusut,  masukkan sayuran dan cabai rawit utuh. 
Aduk merata. 
Angkat. 
Sajikan 



Pesmol 
Biasanya di bumbu halus memakai cabai dan ada sebagian lainnya menambahkan santan,  kali ini saya buat pesmol yg lebih mirip ke Acar kuningnya sebenarnya. 









Posting Komentar