Google+ Followers

Minggu, 15 November 2015

OPOR TUNTUT, TAHU, TELUR

Bismillaah,

Kali ini berjumpa dengan Tuntut atau Jantung Pisang di tukang sayur biasa saya beli di Ruko dekat Cluster,  beli 2 buah cukup Rp. 10.000 dan rencana pagi ini dimasak opor saja,  selain di opor bisa di masak gulai,  Lodeh,  oseng, Urap juga enak.
Satu yang pasti dan harus di persiapkan sebelum kita mengolah Tuntut adalah,  membuang getahnya,  pertama potong bagian yg dekat batang tunggu hingga getahnya keluar banyak,  lalu kita buka bagian kelopak yg berwarna merah kita buang sampai terlihat yg warna keputihan.
Cuci di air mengalir,  lalu siapkan air dan didihkan,  jika tidak ingin warnanya menjadi kehitaman rebus dengan memberi soda kue,  angkat lalu cuci kembali di air mengalir,  nah  tuntut siap utk diolah aneka masakan.
Menurut kebanyakan orang tidak semua tuntut bisa kita konsumsi,  hanya tuntut dari pisang Batu yg enak diolah,  tapi saya sendiri tidak yakin apakah para penjual ini mendapatkan suplay tuntut dari pisang batu,  yg pasti selama ini yg aku olah rasanya enak tidak getir dan juga gagal.
Utk olahan opor aku pakai bumbu opor putih,  ya.


OPOR TUNTUT,  TAHU, TELUR 
By djowoklaten 

1 buah tuntut,  belah 4 bagian.
4 buah tahu Bandung,  goreng 
4 buah telur ayam, rebus 
Daun salam 
Daun jeruk 
Serai 
Lengkuas 
Gula aren 
Garam 
Gula pasir /kaldu bubuk sejumput 
Santan kental 
Air kelapa /air kaldu. 

Bumbu yang dihaluskan 

8 siung bawang merah 
3 siung bawang putih 
3 butir kemiri 
1 sdt ketumbar 
1 sdt merica 
1/2 sdt jinten 
Jika memakai daging tambahkan jahe sedikit. 

Caranya 
Tumis bumbu halus dengan menggunakan minyak goreng sampai wangi, lalu masukkan rempah lainnya dan air,  setelah mendidih,  masukkan tuntut,  tahu, telur,  gula,  garam,  kaldu bubuk. 
Masak hingga bumbu meresap,  sesaat sebelum di angkat tambahkan santan kental,  aduk2 lagi sampai matang,  mendidih dan tanak. 
Sajikan 


Posting Komentar