Google+ Followers

Selasa, 17 November 2015

JANGAN KATES ( Gantung, Gendul, pepaya muda)

Bismillaah,

Alhamdulillah segala nikmat iman dan rejeki masih bisa setiap saat kami rasakan,  betapa Alloh SWT selalu mencukupkan segalanya utk umat di dunia,  rutinitas pagi setiap weekday adalah mengantar khalisa sekolah,  minggu ini adalah pekan ujian tengah semester ganjil kelas 6, dua minggu Kedepan mulai ujian akhir semester ganjil,  konsekuensi dari percepatan atau kelas akselerasi adalah semua mata Pelajaran di ajarkan serba cepat dan kilat,  masih harus belajar kembali utk mendapatkan pola belajar yg tdk naik turun jika SMP,  SMU, berniat masuk di kelas serupa.
Belajar dgn sistem akselerasi di sekolah swasta tidak meringankan di biaya,  karena perhitungan biaya sama yaitu biaya 3 tahun yg di jadikan 2 tahun,  lain halnya jika ikut kelas serupa di sekolah Negeri,  ini selain mempercepat waktu belajar yg Seharusnya 3 tahun menjadi 2 tahun, dari segi biaya juga meringankan,  karena biaya yg di bayarkan ya hanya utk dua tahun.
Diluar Buku dan daftar ulang.
Memiliki 2 anak yg mengikuti kelas akselerasi satu di SD dan satu di SMU,  pada akhirnya diperlukan persiapan dan waktu khusus utk menemani dan mendampingi mereka berkegiatan sehari -hari.
Setiap saat mengolah dan menyediakan sajian yg bisa mengganti energi mereka selama sekolah bahkan les,  hari ini kembali djowoklaten melalui dapur uji Evi Khalisa berbagi sajian khas ala djowoklaten yaitu  jangan atau sayur Kates, bisa utk menemani Nasi,  jenang lemu ( bubur gurih)  bahkan lontong.
Yuk kita lihat Resep dan cara membuatnya.


JANGAN KATES /GANTUNG 
By djowoklaten 
Nov 2015 

Bahan 
250 gram pepaya muda,  serut atau potong korek api. 
10 buah tahu pong goreng 
3 buah cabai ijo besar,  iris serong 
Salam 
Serai 
Daun jeruk 
Lengkuas 
Tempe semangit secukupnya 
1 sdm gula aren 
Garam 
Gula pasir / kaldu bubuk / penyedap 
1 sdm ebi 
1/2 bks santan kental sun kara segitiga 
750-1000 ml air 
( bisa air kelapa atau kaldu) 
Bumbu dihaluskan 
7 siung bawang merah 
3 siung bawang putih 
3 buah cabai merah 
3 butir kemiri 
Satu ruas jari jahe 
Caranya 
Tumis bumbu halus dengan 2 sdm minyak,  sampai harum,  tambahkan,  salam,  serai,  lengkuas,  daun jeruk,  ebi, tempe semangit,  aduk sampai rata. 
Tambahkan air. 
Setelah mendidih 
Masukkan gula, garam,  tahu dan gantungan /Kates. 
Masak sampai matang. Mendidih,  dan koreksi rasa,  terakhir tambahkan santan dan cabai ijo iris 
Aduk sebentar. 
Siap di sajikan. 


Posting Komentar