Google+ Followers

Jumat, 13 Maret 2015

TAHU ACI khas TEGAL

Bismillaah,

Jalan ke kota Tegal, selain terkenal dengan penduduknya yang berusaha kuliner dengan membuka Warung TEGAL, ada Kudapan yang enak namun mudah sekali jika kita mau membuatnya sendiri di rumah TAHU ACI, biasanya yg di pakai tahu kuning, namun jika tdk ada pakai tahu putih juga tdk apa- apa, gunakan tahu yg sdh ada rasanya, jika tdk ada rasanya rendam dulu dalam air garam dan bawang putih. Yuk kita coba buat
Penambahan tepung terigu agar tahu acinya tdk terlalu alot, jadi lebih crispy. Banyaknya boleh di kurangi tapi jangan di tambahkan dari ukuran, nanti bisa keras.


TAHU ACI khas TEGAL 
Modifikasi by djowoklaten 

Jadi utk 10 buah tahu kuning di potong 2
Menyerang, tengahnya di iris jgn sampai putus utk mengisi acinya.
150 gram aci/tapioka/sagu tani
50 gram terigu 
5 siung bawang putih, haluskan ( saya pakai 11/2 sdt bawang putih bubuk) 
1,5 sdt garam 
(jika pakai kaldu bubuk 1/2 sdt dan garam 1 sdt)
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
50 - 65 ml air
4 batang daun daun kucai, iris halus
Minyak goreng yang banyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Campur tahu kuning/putih yang dihaluskan, tepung aci/tapioka/sagu tani dan terigu. Aduk hingga tercampur rata. Sisihkan.
2. Campur air, bawang putih halus, garam, merica bubuk dan gula pasir. Panaskan di atas kompor hingga mendidih pertama kali.
3. Tuang campuran air mendidih ini ke campuran tahu dan tepung . Aduk rata dengan sendok hingga membentuk adonan yang lembek. Adonan bertekstur lembek dan mudah disendokkan, tapi tidak terlalu cair dan juga tidak kering seperti adonan cireng. Bila dirasa masih terlalu kering, bisa ditambahkan air sedikit demi sedikit karena kelembekan adonan juga tergantung kadar air dari tahu yang dipakai.
4. Tambahkan daun kucai, aduk rata.
5. Tempelkan adonan aci pada tahu yang telah disiapkan. Lakukan hingga adonan habis.
6. Panaskan minyak goreng yang banyak dengan api sedang, goreng tahu aci hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan sajikan dengan cabai rawit atau sambal kecap.

Sambel kecap
Haluskan rawit dan bawang putih goreng, beri kecap manis aduk rata. 


Posting Komentar