Google+ Followers

Kamis, 26 Maret 2015

JENANG LEMU, TAHU TELUR bumbu RUJAK

Bismillaah,

Lihat ada sisa nasi semalam,  periksa lagi ada telur dan juga tahu, lebih baik buat jenang lemu saja untuk Sarapan,  pagi ini aku tdk mengantar Khalisa sekolah,  tapi sopir yg mengantar,  pagi sekali anak lanangku ada outing class ke BANDUNG, sepulang mengantarnya ke sekolah suamiku lanjutkan tidur,  jadi sarapan pagi ini agak panjang waktu memasaknya,
cocoklah untuk membuat olahan yang membuat kerinduannya akan kampung halaman sedikit terobati ya.
Kakak ipar saya suka sekali olahan yang satu ini,  setiap saat menjelang hari Raya mereka memasak jenang lemu ini dengan sambel goreng tahu, kentang,  kulit melinjo. Ini jadi menu sarapan sebelum melaksanakan shalat ied di lapangan dekat pasar wedi.
Sedikit Kisah aku sampaikan,  saat menikah ibu mertua saya sdh tiada beliau wafat ketika suamiku kelas 1 SMA,  jadi saya tdk pernah tau apa makanan kesukaan yang biasa dibuatkan oleh ibunya, satu  yang pasti tau berjalannya waktu mengantarkan saya dengan melihat kebiasaan kuliner jika pulang kampung,  mana makanan yang disukainya saya coba membuatkan sendiri hingga pada akhirnya sayapun bisa menghadirkan menu - menu masakan yg Jarang di temui di lingkungan tempat tinggal kami sekarang dengan membuat langsung dari Dapur rumah kami.
Ya seperti menu sarapan pagi ini


Jenang lemu 
by djowoklaten 

1 mangkok Nasi 
1/2 sdt garam 
1/2 bks sun kara kecil 
Daun salam 
Air secukupnya 
Caranya 
Didihkan air,  kecilkan apinya tambahkan nasi,  daun salam dan garam,  masak hingga nasi lunak, dan mengental,  koreksi rasa,  jika sdh sesuai rasa dan kekentalannya. 
Tambahkan santan aduk sampai merata.
Siap di sajikan 

Sedikit Catatan 
Saya biasa membuat Bubur dari sisa nasi semalam,  agar lebih cepat matang,  tapi jika ingin membuatnya dari beras,  rendam beras minimal 2 jam jika ingin membuat Bubur lebih cepat matangnya.
Tambahkan garam jika bubur sdh mengental ya.

Tahu Telur bumbu Rujak 
By djowoklaten 

6 buah telur rebus 
3 buah tahu potong diagonal jadi 4 bagian
1 helai Daun salam
2 helai Daun jeruk 
1 batang Serai 
2 ruas Lengkuas 
1 sdt Gula pasir 
Garam 
1/2 sdt Kaldu ayam bubuk 
1 sdtAir asam jawa
1/2 - 1 bks kecil sun kara
( sesuai keinginan saja tingkat kekentalannya) 



Bumbu halusnya 
5 siung bawang merah 
1 siung bawang putih 
1 buah kemiri 
1/2 sdt ketumbar 
1/2 sdt merica 
1 ruas jahe 
1 ruas kunyit 
Terasi boleh pakai boleh tdk 

Caranya 
Panaskan 2 sdm minyak,  tumis bumbu halus sampai Tanak yaitu wangi dan agak mengental,  masukkan air secukupnya,  didihkan dengan menambahkan rempah lainnya,  setelah mendidih masukkan telur dan tahu tunggu,  garam, gula, kaldu bubuk. 
Masak hingga kuah agak sedikit menyusut,  koreksi rasa jika sdh pas
Masukkan santan kentalnya. 
Aduk sampai mendidih. 
Sajikan.


Posting Komentar