Google+ Followers

Minggu, 18 Januari 2015

TERANG BULAN COKLAT

Bismillaah, 

Sore ini, coba lagi Terang Bulannya, tapi ada juga yang bilang "MARTABAK BROWNIES", mungkin karena ada penambahan bahan DCC dan coklat bubuknya.

Resep asli aku dapat dari tabloid KOKI ya, hanya saja yg aku buat sdh di modifikasi karena aku tdk memakai fermipan,  tapi aku menambahkan soda kue, sesaat sebelum adonan aku panggang.
Aku buat 1/2 resep saja utk satu kali panggang dengan teplon besar diameter 26 cm.
Untuk  para pemula yang ingin mencoba membuatnya,  perhatikan langkah2 dengan cermat, perhatikan apinya,  serta pastikan teplon sdh panas, hingga adonan berkulit bagus, serat atau lobang keluar.
Langkah - langkah pembuatan lengkapnya sama seperti membuat TERANG BULAN Di sini bedanya, terakhir aku tambahkan campuran tim margarin dan DCC

Martabak Brownies 
Tabloid Koki

Bahan :



* 500 gr Tepung Terigu, protein sedang

* 2 Sdm coklat bubuk 

* 1 Sdt Baking Powder double acting ( karena adonan didiamkan dahulu, lebih bagus pakai yg double acting, aku pakai bp Hercules) 

* 1 Sdm Ragi Instan atau fermipan (#saya tdk pakai)

* 700 Ml Susu cair 

*150 Gr Mentega

* 75 Gr Coklat masak Pekat 
* 5 Butir Telur ayam 
* 75 Gr Gula Pasir



TERANG BULAN COKLAT 
(Martabak Brownies)
Modifikasi by djowoklaten 

Bahan:
250 gr tepung terigu protein sedang ( segitiga biru)
1 sdm coklat bubuk ( Bendico)
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue cairkan dgn 1 sdt air.
75 gr margarin 
40 gr DCC cincang ( tulip) 
2 telur utuh
250 ml susu cair + 100 ml air
50 gr gula pasir

Taburan 
Gula pasir secukupnya 
Meses coklat secukupnya 
Keju cheddar secukupnya 
Susu kental manis secukupnya 
Mentega wysman utk olesan secukupnya

Caranya

* Ayak terigu, coklat bubuk, baking powder double acting hingga rata, sisihkan.
* Campur ragi instan dg susu, ratakan, sisihkan (#bagian ini aku lewati, susunya saja aku campur air,  1/2 resep pakai 250 ml susu dan 100 ml air)
* Lelehkan mentega, masukkan DCC, aduk sampai coklat larut, sisihkan ( aku lelehkan dgn cara di tim) 
* Kocok telur hingga mengembang, tambahkan campuran tepung perlahan bergantian dgn campuran air dan susu, sambil di mixer kecepatan rendah hingga rata.
* Tuang campuran coklat dan margarin Cair,perlahan, ratakan, dan diamkan adonan saya selama 1 
jam 
* Adonan siap dimasak # jangan lupa sebelum di panggang campur dgn soda kue nya.

Cara Memasak :
* Panaskan cetakan (#teplon jgn dioles apapun), tambahkan 1/2 sdt soda kue yg di larutkan dgn 1 sdt air ke dalam adonan, aduk rata tuang adonan hingga 1/2 tinggi cetakan, tekan menggunakan sendok sayur sampai memenuhi dinding cetakan. Panggang hingga berpori atau bergelembung, taburi dgn gula pasir secukupnya. 
* Tutup cetakan, masak hingga matang (#adonan bagian atas tdk basah) lalu angkat, olesi dgn wysman , taburi keju parut dan dcc parut/ meses, coret dgn susu kental manis. Bagi dua, tumpukkan, potong-potong.
* Sajikan


Catatan :

* Karena tidak ada soda kue dlm resep, maka saya tambahkan 1/2 sdt soda kue  di larutkan dgn  1 sdt air sewaktu akan menuang adonan ke dlm cetakan.
* Coklat masak pekat/DCC digunakan untuk pembuatan Martabak Brownis, sedangkan coklat putih/WCCmenjadikan nama kuenya menjadi Martabak Blondies.
* Bila ingin lembut, kurangi putih telur, ganti dgn kuning telur semua tambahkan 1 kuning telur. 
* Pastikan cetakan panas saat adonan dituang, cetakan yg tidak panas bisa menyebabkan adonan tidak berserat. 
Sebaliknya jika  cetakan terlalu panas kue akan berpori/serat besar.



Baking Soda/Soda Kue
Baking Soda merupakan Sodium Bikarbonat murni. Saat Baking Soda tercampur dengan cairan dan bahan – bahan yang mengandung asam (Yoghurt, coklat, susu, madu dll) maka akan menghasilkan gas karbondioksida yang membuat kue mengembang. Proses penghasilan gas ini terjadi pada saat pencampuran adonan dan berlangsung cepat, karenanya setelah baking soda dicampurkan adonan harus segera dipanggang. Hal ini sering kita jumpai saat melihat orang membuat martabak manis, Baking Soda (Soda Kue) dicampurkan terakhir pada saat bahan lain sudah tercampur rata sebelum dipanggang sehingga pada saat dipangang gas yang dihasilkan pada saat pencampuran tidak banyak yang hilang dan martabakpun berbentuk sarang dengan sempurna.
Baking Powder
Baking Powder merupakan Sodium Bikarbonat (soda kue) yang sudah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan bahan pengering (pati). Baking Powder ada 2 jenis, yaitu single acting dan double acting. Single Acting diaktifasi pada saat terkena cairan (saat pencampuran) karena itu setelah pencampuran adonan harus segera dipanggang. Sedangkan Double Acting pada saat pencampuran adonan, gas yang terbentuk mulai muncul tetapi mayoritas gas terbentuk pada saat suhu adonan meningkat yaitu waktu dipanggang. Karenanya adonan tidak masalah jika harus menunggu sebelum dioven
Kapan kita Menggunakan Baking Powder atau Baking Soda?
Pada dasarnya tujuan kita menggunakan kedua bahan tersebut untuk menghasilkan kue dengan tekstur yang bagus dan rasa yang enak. Baking Soda menghasilkan gas yang lebih sedikit dan rasa yang agak pahit jika di dalam resep tidak ada bahan lain yang mengandung asam. Sedangkan Baking Powder karena di dalamnya sudah terkandung bahan yang mengandung asam (cream of tartar), gas yang dihasilkan lebih banyak dan rasanya lebih netral. Biasanya Baking Soda sering digunakan untuk membuat Cookies dan Baking Powder sering digunakan untuk membuat Cake dan biscuit.
Bisakah keduanya saling menggantikan?
Kita bisa menggunakan baking powder untuk menggantikan baking soda. Dan jika kita ingin menggantikan baking powder dengan baking soda, kita perlu mempertimbangkan komposisi bahan lain yang mengandung asam di dalam resep karena berpengaruh terhadap gas yang dihasilkan oleh baking soda tersebut. Atau kita juga dapat mencampurkan baking soda dengan cream of tartar, dengan perbandingan 1 : 2,  I bagian baking soda dicampur dengan 2 bagian cream of tartar. “Selamat Mencoba”  (J.M. Qayyuum, BBC Palembang)


Posting Komentar