Google+ Followers

Senin, 08 Desember 2014

Tamago ala Jawa

Bismillaah,

Telur dan olahannya,  kali ini buat Tamago /Dashimaki kalau kata orang jepang,  orang korea biasa menyebutnya Gyeran Mall, dan kita menyebutnya telur dadar. Perbedaan dari ketiganya adalah dari, rasa dan bahannya, Tamago cenderung manis karena memakai susu, mirip, dan soy sauce,  untuk gyeran mall asin ke manis karena juga memakai susu, dari bentuk keduanya sama, digoreng dgn cara, digulung selapis demi selapis, jadi saat di potong terlihat teksturnya berlapis. Perbedaannya dgn gyeran mall adalah penambahan sayuran dan bawang cincang. Nah utk telur dadar kita,.tentu banyak variasinya,  juga bumbunya ada yg diiris dan juga ada yg di giling. Telur dadar kita semua adonan dimasukkan dalam penggorengan baru di gulung.
Kenapa pula Tamago nya ala jawa, karena tdk aku pakai campuran susu dan mirip ataupun sake yg tdk halal, susu aku ganti dgn santan, dan penambahannya mayonaise utk aroma susunya.

TAMAGO ala Jawa
By djowoklaten


3 butir telur 
1 sdm santan
1 sdt mayonaise 
Garam dan lada secukupnya 
Kaldu bubuk /penyedap sesukanya. 
1 batang Daun bawang,  iris 
2 siung bawang merah,  cincang 
1 sdm wortel potong dadu kecil jika suka. 

Caranya
Kocok telur,  bumbu dan santan. 
Panaskan teplon kotak, olesi minyak, masukkan sebagian adonan, gulung ke satu sisinya, lanjutkan dengan sebagian adonan taburi sayuran, gulung kesisi lainnya, lakukan berulang hingga adonan telur habis, saya tadi 6 kali 
Jika sudah adonan terakhir,  masak hingga matang agak kecoklatan. 
Dinginkan,
Sajikan dgn di potong 4 bagian


Posting Komentar