Google+ Followers

Kamis, 13 November 2014

WEDANGAN ( UNJUKAN HANGAT KHAS RM.DJOWOKLATEN)

Bismillaah,

Wedang
Wedang adalah istilah untuk minuman hangat/panas. Rebusan air dibubuhi rempah kering dan rempah segar, menghasilkan larutan beraroma harum, menenangkan, bersifat menghangatkan badan, cocok dihirup ketika udara dingin atau ketika raga butuh semangat. Berbagai pilihan wedang klasik, seperti Wedang Ronde (bola-bola tepung ketan isi kacang cincang disiram rebusan jahe beraroma rempah)
Wedang gedhang,  wedang jahe( teh dan susu jahe) wedang uwuh, teh poci, Kopi, jeruk nipis hangat dan jeruk hangat.


Wedang gedhang


Minuman yang ini ada juga yg menyebutnya stup pisang, pisang yang di gunakan adalah pisang kepok kuning, kuahnya hangat karena jahe, kayu manis dan cengkeh. Paling asik dinikmati sambil menunggu pesanan.

wedang Uwuh


Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah . Dalam bahasa Jawa ,wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasamanis dan pedas  dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Imogiri Yogyakarta. 
Teh Poci gula Batu

Teh poci adalah daun teh pilihan yang diseduh secara khas dalam poci dan di nikmati dgn cangkir dari tanah liat. Minuman ini ditambah dengan gula batu kuning dan diminum panas-panas. Minuman yang sangat disukai oleh masyarakat di jawa. Ada istilah yg melekat dgn minuman ini " Nasgitel ",  panas, legi, dan kental. 

Wedang Jahe 





WEDANG JAHE, merupakan minuman tradisional khas Indonesia terutama di JAWA, minuman ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan karena kandungan senyawa yang sangat berguna yang ada pada rimpang jahe.
Senyawa yang terkandung dalam jahe diantaranya Minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, dan resin pahit.
bila dicampur dengan teh maka menjadi minuman yang selain menyehatkan juga banyak mengandung antioksidan dan mineral penting bagi tubuh.
di tambahkan susupun menjadi minuman dengan kandungan kalsium susu menjadi nilai plus untuk secangkir wedang jahe susu.

Wedang Ronde 


Minuman khas ini juga merupakan minuman kegemaran SULTAN HB IX, banyak yang menyajikannya dalam mangkuk kecil dengan sendok bebeknya yang khas jawa, tapi di RM  
DJOWO KLATEN minuman ini kami sajikan di gelas dengan pengaduk batang sereh utk menambah aroma kuah jahe yang hangat dan nikmat menyatu dengan manisan kolang kaling serta ronde( bola - bola ketan isi kacang) dan taburan kacang tanahnya.
Posting Komentar