Google+ Followers

Kamis, 06 November 2014

MOUSSAKA BEEF ( HOMEWORK CASSEROLE)

Bismillaah,

MOUSSAKA BEEF
Moussaka merupakan sebuah makanan yang berasal dari Yunani dan Turki,Bahan utama Moussaka berupa terong ,kentang dan tomat. Ditambahkan pula daging cincang dan keju. Perpaduan lembutnya tekstur dan rasa khas dari terong bersama daging, begitu menggugah selera dengan rasa cenderung manis khas lidah Indonesia. Bentuknya hampir menyerupai Skotel (macaroni panggang).
Moussaka Yunani terdiri dari tiga lapis. Lapisan bawah terdiri dari irisan terong yang ditumis dengan minyak zaitun. Lapisan kedua adalah daging cincang (biasanya daging domba) kali ini aku pakai daging sapi yang dimasak dengan bawang merah, bawang putih,bawang bombay, tomat cincang dan rempah-rempah (kayu manis dan lada hitam). Aku pakai yg cepat saus bolognese instan dan saus tomat.
Dan lapisan ketiga atau terakhir adalah saus bechamel atau egg custard. Tiap lapisan dimasak masing-masing kemudian dipanggang bersamaan hingga bagian atas adonan matang kecoklatan. Bentuknya hampir menyerupai Skotel (macaroni panggang).



Pada Akhirnya sore ini bisa juga menyelesaikan PR (Homework #2 KB2014)

Berbagi Kisah tentang. Casseroles sedikit ya, Casseroles itu bahasa prancis yang artinya saucepan, kita biasa menyebutnya pinggan tahan panas, ada yang bening, dan ada yg seperti keramik, jadi casseroles ini hidangan yg besar di pinggan yg tahan panas karena biasanya sering dipanggang di oven dan disajikan langsung dengan tempatnya. Isinya lengkap bisa ayam, daging, atau ikan bercampur saus dan sayuran serta, kentang atau pasta, di tutup dengan saus putih atau Bachamel, kadang di sebut juga utk menu ini hotdish. Jenis makanan apa sajakah yang termasuk casseroles ini? Biasanya hotpot, ragout, cassoulet,tajine,lasagne,shepherd's pie, gratin, macaroni timballo dan Moussaka yg saat ini aku buat.
Pertama kali makan di Turki, waktu tour.
Dan kali ini aku membuat Moussaka Beef, resep aslinya aku ambil dari NOVA dgn sedikit modifikasi bahan dan cara

MOUSSAKA BEEF
modifikasi by djowoklaten 


1 bks saus Bolognese la fonts
500 gram daging sapi giling 
5 sdm saus tomat 
Sejumput garam 
Sejumput gula pasir
Tumis daging dgn 2 sdm olive oil, hingga berubah warna, tambahkan saus tomat dan saus Bolognese,  aduk rata,  masukkan garam dan gula pasir. Masak hingga matang dan mengental

500 gram kentang, iris tipis lalu goreng 
500 gram terong ungu, iris tipis,  panggang dgn butter.

450 ml susu UHT cair full cream
35 gram butter 
35 gram. Maizena 
Lada 1/2 sdt 
Pala 1/4 sdt 
Garam 1/2 sdt 
Keju cheddar 50 gram ( lain waktu coba pakai mozarella) 
1/2 kuning telur. 
Panaskan susu dgn 1 btg kayumanis (aku skip) dgn api kecil 
Di tempat lain panaskan butter,  lalu tambahkan maizena, garam, pakai, merica,  aduk rata,  masukkan ke susu yg di panaskan,  tambahkan keju parut, dan kuning telur 1/2 aja. Masak hingga kental.

Taruh saus Bachamel lalu, terong,  kentang, daging, terong, kentang dan saus Bachamel kembali.
Panggang selama 20 menit Lalu oles dgn sisa kuning telur dan butter, panggang kembali 5 menit.
Sajikan hangat.





Posting Komentar