Google+ Followers

Jumat, 28 November 2014

ES GEMPOL (IDFB CHALLENGE KREASI DAPUR BERSAMA SAJIAN SEDAP)

Bismillaah,

Pertama kali ikut challenge di IDFB, kali ini mencoba mereplika ES GEMPOL,  sajian traditional asal jawa, es gempol ini terdiri dari Gempol/pleret, santan dan gula cair plus es. Pertama kali merasakannya di solo.
Kali ini IDFB bekerja sama dengan sajian sedap, dengan tema " Kreasi Dapur bersama Sajian Sedap", sebetulnya banyak resep dari sajian sedap yang sering aku coba, selain teruji yang pasti mudah sekali dan sangat menyenangkan berpetualang di www.sajiansedap.com  ini
Mendapat kabar 2 hari menjelang penutupan tetap berupaya ikut challenge ini, semoga kedepannya tetap bisa berpartisifasi.
Tak perlu jauh sampai ke solo lagi utk mencicipi Es Gempol ini, karena aku bisa menghadirkannya langsung dari Dapur rumahku tentunya berkat Resep- resep dari Sajian Sedap. Selalu ada sajian sedap yang dapat di hadirkan oleh setiap ibu untuk keluarga tercintanya. Rasanya sama enak dan nikmat, dgn para penjual di solo sana, namun terasa lebih nyaman karena bahannya teruji kualitasnya.


Djowoklaten bersama sajian sedap dalam satu frame es Gempol 


Resep aslinya dapat dilihat Disini

ES GEMPOL



Bahan - bahan
Bahan untuk membuat Gempol
75 gram tepung beras
25 gram tepung sagu
Sejumput garam
75 ml air mendidih
Pasta pandan secukupnya

Bahan kuah santan
250 ml santan
50 gram gula merah
1 lbr daun pandan
15 gram gula pasir
Sejumput garam

Cara membuatnya
Didihkan air, aduk rata tepung beras dan garam, tuang air mendidih lalu uleni, saya pakai centong kayu, setelah rata, tambahkan tepung sagu dan uleni kembali, lalu bagi 2, 1/2 bagian aku tambahkan pasta pandan utk mendapatkan warna hijaunya. Dinginkan
Panaskan air utk merebus adonan Gempolnya, ambil sedikit bulatkan lalu tekan bagian tengahnya dengan jempol, rebus di air mendidih tadi hingga terapung dan matang.
Aduk semua bahan kuah lalu didihkan, sambil diaduk agar santan tdk pecah, saring.
Sajikan gempol dengan kuah santan dan es batunya.
Note : saya buat utk 3 porsi 
Es batu


Posting Komentar