Google+ Followers

Jumat, 08 Agustus 2014

Tenggiri masak Woku



dari Dapurnya
Evi Khalisa di Dapur Masak.com

Cerita di balik resep ini

ikan masak woku itu ada dua jenis, ikan masak woku belanga dan woku daun, keduanya berbumbu sama. Yg Membedakan adalah cara memasaknya saja,ikan woku belanga di masak dengan cara menumiskan bumbu lalu menambahkan ikan dan diberi sedikit air dimasak di belanga atau panci, sedangkan woku daun, tumisan bumbu di balurkan pada ikan lalu ikan dibungkus daun. Ikan berbungkus daun ini kemudian di kukus lalu di bakar. Atau orang jawa bilang di pepes.
Beragam ikan bisa di masak woku yaitu ikan kerapu, ikan tude, kepiting, udang, ikan cakalang bahkan ayam. Tapi menurut orang manado sendiri, bekas tetangga lamaku, ikan yang paling pas dimasak woku belanga adalah ikan kerapu atau dalam bahasa setempat di sebut ikan goropa.
Yang membuat ikan woku belangan begitu sedap dengan cita rasa yang khas adalah  beragam rempah dan daun rempah yang di tambahkan dalam resepnya. Diantaranya, daun kemangi, daun kunyit, daut jeruk dan serai. Penambahan tomat pun  menjadikan ikan masak woku  bercita rasa segar

Masakan ini hasil Hunting di buku resep dari toko buku, foto lama namun masih saya ikutkan di acara dapur masak #MasakanSulawesi, Manado. Masakan yg begini yg di sukai suami, kalau olahan ikan selain kuah asam.

Bahan-bahan

Ikan tenggiri 1 ekor
Air jeruk nipis 1 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh

Bumbu iris
Daun bawang  secukupnya
Daun kunyit  secukupnya
Daun jeruk  secukupnya
Daun pandan  secukupnya
Kemangi  secukupnya
Serai  1 batang

Bumbu halus  secukupnya
Bawang merah 8 siung
Bawang putih 5 siung
Kemiri 2 butir
Kunyit 4 cm
Cabai merah besar dan keriting 6 buah
Jahe 3 cm
(jika suka bisa.di tambahkan tomat)
Bahan lainnya
Minyak goreng 3 sendok makan
Air 350 ml
Garam  secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
Cara membuat

1
Ikan dipotong bersihkan lalu lumuri garam dan air jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci bersih.
2
Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak, setelah aromanya wangi, tambahkan air, didihkan lalu masukkan ikannya, beserta garam dan gula, tutup pancinya ya, jika air sdh menyusut tambahkan bahan irisnya, aduk rata. Koreksi rasa. Sajikan.

Posting Komentar