Google+ Followers

Sabtu, 09 Agustus 2014

Janagel

Lain di Yogyakarta,  lain pula Betawi,  bahan yang digunakan sama hanya bentuk   yg menjadikan namapun berbeda,  Betawi mengenalnya Biji ketapang,  bentuknya dipotong mining sekarang sekolah 1 1/2 cm tebalnya. Sejak kakak lama menjadi penduduk Yogyakarta resep Keluarga ini dibuat bentuknya bagaikan umbi melingkar beruas dan pada akhirnya disebutlah kuker ini"Janagel "

Tips untuk resep ini

Bisa juga di tambahkan 150 gr sagu dan 100 gr maizena, bila ada. Bila pakai kelapa parut sangan maka santan aku ganti susu


Kue kering kesukaan ibuku, kini kakak yg paling sering membuatnya. Biasa di buat berbarengan dgn mengolah kacang bawang. 
Penambahan kelapa parut sangan yg di haluskan menambah sedap aromanya
Bahan-bahan

Terigu 500 gram
Gula pasir 250 gram
Santan 200 ml
Telur ayam 3 butir
Margarin 150 gram
Garam 1/2 sendok teh
Minyak goreng  secukupnya
Cara membuat

1
Campur tepung, gula, dan garam, aduk rata, buat lubang besar di tengahnya. Panaskan santan lalu masukkan margarinnya hingga mencair, aduk rata.
2
Di tengah campuran tepung, masukkan telur, aduk rata, masukkan santan dan margarin. Aduk pakai sendok kayu hingga adonan menjadi kalis.
3
Bagi adonan lalu gilas hingga tipis sekitar 1 cm, kemudian potong sekitar 6 cm, potong berjarak 1 cm tdk putus. Siap di goreng diminyak panas hingga kecoklatan dan matang. Setelah dingin simpan di toples.
Posting Komentar