Google+ Followers

Minggu, 09 Maret 2014

OSENG SOUN



SOUN
Beberapa olahan soun adalah sup, soto, bakso, mpek-mpek, tekwan, oseng soun cabe ijo, soun goreng, tambahan di semur,bahan campuran isi tahu isi ataupun pastel dan masih banyak lagi olahan masakan yang lain. 

Soun adalah bahan makanan berwarna bening yang termasuk dalam jenis mie. Mie adalah bahan makanan berbentuk adonan tipis dan panjang. Soun terbuat dari pati sehingga teksturnya kenyal dan memiliki permukaan yang licin. Soun dijual dalam bentuk kering seperti sarang burung. Saat akan diolah, soun kering tersebut harus direbus atau direndam dulu dalam air panas sampai lunak. Setelah lunak maka soun siap diolah menjadi masakan yang lezat.

Oseng soun
di Klaten saya sering di belikan sarapan. Setiap pagi banyak ibu-ibu yang jualan nasi dan lauk pauk di depan rumahnya.Yang dijual di situ selain nasi ada bubur nasi, ketan urap, Getuk, soto,sambel goreng tahu, terik, pecel, urap/kluban,terancam, mie goreng dan capjae, aneka gorengan dan tentu saja oseng-oseng soun. Seperti umumnya masakan tumis, oseng soun ini mengandalkan rasa pedas, manis dan gurih. Yang paling menonjol adalah rasa pedasnya. Cabe yang digunakan adalah cabe keriting ijo. Karena rasa rindu akan oseng soun inilah yang membuat saya akhirnya memutuskan untuk menghadirkannya kelak di RM. DJOWO KLATEN, Oseng soun ini sangatlah sederhana bahannya, hanya soun, bawang 
merah dan putih, cabe ijo keriting dan bumbu seperti garam, gula serta merica. Untuk 
menambah citarasanya tambahkan ebi dan saus tiram. Dinikmati bersama dengan nasi 
hangat, oseng soun ini termasuk isian nasi berkat favorit, bahkan sering disandingkan 
dengan oseng daun pepaya di prasmanan di kampung.

oseng soun


oseng soun pedas

Bahan :
125 gr soun
4 buah buncis (optional)
3 sdm kecap manis
1 sdm saus tiram
1/4 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt merica bubuk
4 butir bawang merah
5 bh cabe ijo keriting, iris serong tipis 
2 bh cabe merah keriting, iris serong (optional)
2 siung bawang putih
1 sdm ebi
Kaldu bubuk / sasa jika suka

Cara membuat :
1. Rendam soun dalam air hangat sampai lunak, tiriskan. Campur bersama kecap manis, saus tiram, garam, gula dan merica. Cek rasanya, sisihkan.
2. Tumis bawang merah sampai harum, masukkan cabe ijo, cabe merah, bawang putih dan ebi. Aduk sampai cabe jadi layu.
3. Masukkan soun berbumbu, aduk rata,Setelah matang angkat dan sajikan.
Posting Komentar